Saya dan Covid-19

Ceritaku tentang Kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi Trenggalek

Dua Tahun lalu jadi awal pertemuanku dengan gerakan "Kelas Inspirasi". Sebenarnya sudah cukup lama aku tahu gerakan ini. Namun baru tahun 2016 aku memberanikan diri gabung jadi salah satu dari bagian relawan Kelas Inspirasi. ya, namanya relawan. kenapa? karena semua manusia yang gabung di gerakan ini rela mengeluarkan tenaga, waktu, bahkan materi untuk suksesnya gerakan tanpa mengharapkan apapun. Keralaan ini lah yang menjadi daya tarik dari gerakan Kelas Inspirasi. Apalagi ada beberapa relawan yang sampai nagih. Loh, kok bisa? gak dapat apa-apa kok sampai nagih?

Jadi Begini...

Kelas Inspirasi merupakan sebuah gerakan mengajar sehari di Sekolah Dasar. Pengajarnya merupakan para profesional dari beragam latar belakang profesi. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan mimpi-mimpi anak-anak agar bisa setinggi langit, kurang lebih seperti itu. Para pengajar akan bercerita dan berbagi tentang apa dan bagaimana profesi yang mereka tekuni. Dari sini diharapkan anak2 akan menangkap inspirasi untuk giat belajar dan pantang menyerah dalam meraih mimpinya.

Nah, kegiatan ini mensyaratkan orang-orang yang bergabung haruslah rela mengeluarkan daya upaya dan tak mengharapkan imbalan apapun dari gerakan ini. Jadi, kalo kalian masih itung-itungan mending gak usah ikut gerakan ini.

Semua hal, dari akomodasi, konsumsi, sampai perlengkapan disokong sendiri oleh semua relawan. Tidak ada dana atau sponsor dari manapun. Terus apakah bisa berhasil? nyatanya bisa, walau memang prosesnya gak mudah. Semua relawan secara sadar dan ikhlas iuran untuk menyokong kebutuhan acara. Para fasilitator (sebutan untuk panitia yg memfasilitasi relawan2) rela menyediakan penginapan, menjemput, dan jadi tourguide untuk para relawan dari luar daerah. Semua atas dasar kerelaan, tanpa paksaan.

Para relawan bisa sampai seperti itu kebanyakan karena mereka senang bisa bertemu dan berinteraksi dengan anak2 SD. Bagi mereka bertemu dengan anak2 bisa jadi pelepas penat dari rutinitas kerja sehari-hari. Bermain dan bercanda dengan anak2 serasa menyenangkan karena anak2 ini masih sangat polos sehingga celetukan dan tingkah polah yang keluar kadang bisa bikin tertawa.

Lain dari pada itu, bertemu dengan teman baru dari berbagai daerah dan latar belakang berbeda jadi satu hal yang istimewa. Tak jarang relawan yang bergabung merupakan orang hebat. Punya pencapaian yang luar biasa, pengalaman yang sangat banyak, serta jiwa berbagi yang luar biasa. Orang seperti ini akan sangat sering kita temui di Kelas Inspirasi. Jadi, berkesempatan berkenalan, dan berteman dengan mereka merupakan anugerah. Kapan lagi kan kita bisa kenal orang2 seperti itu.

Sampingannya sih bisa jalan-jalan di daerah yang belum pernah kita singgahi. Setiap daerah yang kita singgahi selalu memiliki daya tarik wisata yang sayang untuk dilewatkan. Mumpung lagi di sana, ya kita manfaatkan sebaik mungkin kan. Karena belum tentu kita bakal kesana lagi. Dan wisata bersama ini biasa tambah mempererat persahabatan antar relawan.

Maka lengkap sudah, pengalaman baru, kawan baru, mengenal daerah yg belum pernah kita singgahi. Dengan ikutan Kelas Inspirasi ini kita bisa mendapatkan ketiga hal tersebut. Coba aja sendiri. Insyaalah kalian akan ketagihan untuk ikutan lagi. Karena entah kenapa Kelas Inspirasi ini punya candu bagi tiap relawan yg sudah pernah ikutan.

Tertarik? cek web www.kelasinspirasi.org 

Komentar